tips mencuci mobil
Assalamu’alaikum
Wr Wb....
Sebelumnya
perkenalkan nama saya Anang, saya pengguna MOBIL warna Grey.
Disini
saya akan berbagi pengalaman saya merawat kendaraan yang saya gunakan sehari
hari menggunakan metode handmode, bukan bermaksud mengajari atau selebihnya
jadi kalau ada saran mohon jangan sungkan untuk mengomentari karena saya juga
proses belajar :D
Langsung
saja, di atas sudah saya sebutkan bahan/amunisi yg biasa saya gunakan untuk
merawat kendaraan pribadi saya dimana awal mula saya gunakan untuk merawat
motor saya sendiri. Bahan diatas murni bahan yg saya beli bukan dengan maksud
untuk promosi ya lur...
TAHAP I (mencuci)
Di
tahap ini untuk mencuci usahakan menggunakan metode 2 ember, dimana ember
pertama berisi air+sabun cuci mobil dan ember 2 cukup diisi air bersih saja.
Kenapa 2 ember tidak 1 ember saja, ini guna mengurangi jumlah kotoran yg
menempel pada aplikator yg kita gunakan saat mencuci. Saat mengusap menggunakan
aplikator(washmitt) taruh
pertama di ember 1 lalu usap ke bidang/ panel yg akan dibersihkan, setelah itu
jgn langsung di celup ke ember 1, celuplah di ember 2 guna merontokkan
debu/kotoran yg tertempel pada aplikator karena jika tidak maka baret
halus/swirl tidak dapat terhindarkan pada saat pencucian, setelah dari ember 2
kita mulai lagi tahap ke ember 1 begitu seterusnya. Jika ember 2 sudah terlihat
kotor segera ganti dengan air yg baru. Usahakan mencuci juga jgn langsung
dibawah terik matahari/dalam keaadaan mesin panas guna menghindari terjadinya
waterspot. Mencuci saran saya bagian velg dahulu, setelah velg dan ban selesai
ganti air sabun dengan yg baru.
Sponge
disini saya gunakan untuk membersihkan velg dan pinggiran ban saja, kenapa saya
tidak menggunakan sponge untuk membersihkan bodi? Karena permukaan sponge akan menyimpan
butiran2 kotoran dan saat digunakan bisa menimbulkan baret halus/swirl. Untuk
amannya saya memilih menggunakan washmitt, meski yg namanya swirl tidak dapat
terhindarkan minimal kita bisa mengurangi.
Untuk
pengeringan saya disini menggunakan watermagnet, kenapa tidak kanebo? Kanebo
bisa digunakan tapi saran saya kalau menggunakan kanebo hanya di totol2 saja
jangan diusap karena permukaan kanebo yg bisa membawa debu/partikel kotoran yg
tidak kasat mata dan menimbulkan baret halus CMIIW. Watermagnet aman digunakan
karena selain daya hisap airnya lebih bagus (bila menggunakan ini air benar2
ilang tdk seperti kanebo yg masih menyisakan butiran halus air), untuk
mengeringkan mobil bisa menggunakan watermagnet 2-3 buah, banyak ya,,,:D
Kanebo
hanya saya gunakan untuk mengeringkan velg an bagian mobil yg tidak terlihat
seperti bagian dalam pintu.
Setelah
selesai cuci watermagnet dengan air peras perlahan dan dijemur cukup diangin
anginkan saja, begitu juga dengan sponge.
TAHAP II
Saatnya
memoles...
Setelah
tahap I tadi saya biasa mengawali memoles menggunakan Amway silicone glaze,
produk ini bisa dikatan lumayan untuk menutupi/menyamarkan baret halus dan
mengilapkan cat mobil karena adanya kandungan silicone glaze, bisa dibilang
produk ini all in one.
“IMHO tidak semua product yg
mengandung silicone jelek, hanya masalah seberapa banyak (kadar) dan type
silicone yg dipakai, tapi ini mah rahasia pabrikan. MSDS product ngga akan beri
informasi sampai detail type silicone yg dipakai.
Pernah ngga melakukan touch-up
paint? (nambahin cat karena cat tergores/scratch). biasanya kalo cat terlalu
sering diguyur ama 'bad' silicone, touch-up paint ogah/susah nempel. kalo pun
nempel biasanya ngga bertahan lama. jadi kita mesti amplas cat sampai ke metal
baru bisa nempel tuh touch-up paint.
Product ini sesuai namanya
'glaze' gunanya utk memberi vitamin (semacam oil/minyak) pada clear coat agar
selalu terawat & membikin clear coat semakin mengkilap. anda benar, fungsi
polish dari product ini sangat mild (malah hampir ngga ada menurut gue), jadi
bukan utk untuk keperluan memperbaiki scratch atau heavy oksidasi pada cat.
tapi sisi positifnya kesan kilap & wet look yg ditimbulkan bagus.
Produk ini punya kecenderungan
mudah menarik debu krn banyaknya campuran oil/minyak, mobil jadi cepet kotor.
idealnya setelah glaze ini anda lapisi lagi dengan pure wax sebagai lapisan
akhir. amway kayaknya ngga keluarin produk yg pure wax (??)... anda mesti pakai
merk lain (yg mungkin belum tentu compatible, yg bisa bonding dengan bagus)”
Kembali
lagi, amway saya oles ke aplikator (saya gunakan yg jenis pad foam) kita
oleskan ke seluruh bagian body kendaraan bisa dengan teknik searah kanan kiri
atau naik turun sesuaikan saja, usahakan jgn terkena bagian trim, krn akan
susah saat dibuff nanti. Untuk amway kerjakan perpanel dulu, saya biasa memulai
dari atas dahulu karena saat dibuff amway akan meninggalkan sedikit debu halus,
untuk buff cukup menggunakan kain microfiber/MF, jika kain Mf sudah agak kotor
efek buff ganti saja yang baru...lanjutkan proses ke seluruh body kendaraan
anda.
Setelah
selesai bisa kita tunggu beberapa saat supaya kandungan amway meresap/menempel
sempurna dibody kendaraan CMIIW...
Proses
selanjutnya lapisan amway ini saya tambah lapisan lagi karena seperti di
sampaikan artikel di atas, amway menarik debu dan efek beadingnya tdk tahan
lama. Untuk itu disini saya gunakan S3 carnauba (Silica Spray Sealant Carnauba)
jenis spray, produk ini “Sealant yg
terbuat dari silica (bahan dasar glass coating).
Durability sekitar 1 - 2 bulan
dengan iklim indonesia
Hasil : Looknya mirip bgt kaya
abis pakai ceramic/glass coating, very slick, water beading & sheeting yg
oke. Bisa dipakai di paint, rubber, plastic, glass & topping utk coating,
khususnya yg ceramic coats.”
Sumber
( https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014578923/indonesian-auto-detailing-forum--kaskus/213 )
“S3 tidak punya kemampuan
cleaner, cleaner disarankan amway/produk lain”
Sumber
dari agan penjual amunisi yg saya beli :D
S3
ini efek daun talasnya lumayan lama untuk durability nya, di saya 3-4 kali cuci
msh ada efek daun talasnya meski sudah memudar.
Untuk
kaca saya gunakan produk waxco untuk maintain yg kira2 ada waterspot tipis saya
oles pake ini dengan aplikator pad foam, hasilnya lumayan untuk membersihkan
waterspot setelah di oles saya tunggu beberapa saat lalu timpa/layer
menggunakan produk B47 final Glass Repellent untuk menambah efek daun talas
saat hujan :D
Untuk
ban dan trim/dashboard saya menggunakan produk B47 All Finish Dressing/AFD.
Untuk penggunaanya produk ini bisa didilute/ dicampur air supaya lebih encer
dengan perbandingan produk 1:8 air (aquadest/non mineral saya gunakan air cle*)
produk ini memberikan hasil gloss matte, tdk greasy, tdk mengandung cleaner,
ada kemampuan hidrofobik dan tidak dianjurkan untuk genuine leather, produk ini
aman digunakan untuk trim/karet/vinyl ext dan interior. Untuk penggunaanya
cukup semprot produk yg sudah didilute ke kain MF lalu oles ke bag yg akan
dikerjakan untuk bagian yg sempit bisa menggunakan kuas. Untuk ban bisa
menggunakan kuas, hasilnya bersih seperti ban baru, ban baru ini menurut saya
bukan yg hasilnya mengkilap mirip K*T jadi benar2 warna karet ban seperti
baru,,,y begitulah,hehe..:D jika terkena air pun efek ini msh bisa
didapat/durabilitynya lumayan lah buat saya. Kan ada tuh produk yg mengkilap
giliran terkena air hujan/disemprot air langsung ilang :D
Pada
tahap ini dulu saya juga pernah menggunakan produk k** tetapi hasil yg saya
dapat malah cat menjadi kusam,mengkilap tapi dalamnya butek/buram...alhasil
saya coba2 buka forum2 detailing dan belajar sedikit demi sedikit...dan
untungnya hasil buram tadi msh bisa di koreksi sedikit dengan amunisi baru...
Untuk
membersihkan mesin bisa menggunakan astonish engine degreaser, saya pribadi blm
mencoba karena mesin masih baru dan belum kotor, tapi review di web detailing
produk ini lumayan lah untuk diandalkan....
TAHAP III
Perawatan
harian...
Untuk
perawatan harian saya menggunakan produk Finish Kare 425 (quick detailer), ini
berguna untuk merawat harian kalu mobil sedikit berdebu, atau bisa sebagai
layer akhir dari wax/spray wax sebelumnya.
Jika
sudah proses tahap I dan tahap II dan ternyata mobil kehujanan bisa dicuci
ulang kalu kotornya parah, kalu tidak cukup disiram air bersih saja untuk
mengurangi oksidasi dari air hujan yg biasanya menimbulkan waterspot...dalam
kondisi ini biasanya saya setelah cuci saat pengeringan saya ikuti dengan spray
QD/quick detailer karena efek tahap II msh dirasa blm hilang...kalau sudah
ilang bisa dimulai lagi tahap II. Begitu juga dengan kaca pada proses ini saya
cukup spray B47 FGR/QD.
Tambahan jika ada baret halus/warna cat
kusam/saat diraba cat agak kasar bisa kita gunakan produk cartec super paint
cleaner untuk mengembalikan/menghilangkan baret dengan aplikator pad jenis pad
MF, dengan cara sedikit basahi aplikator/sedikit lembab oles SPC ke aplikator
lalu usap ke bagian yg akan dikerjakan usahakan per panel dahulu untuk melihat
hasil, gosok perlahan dilanjut agak kencang sampai dirasa kesat/mulai kelihatan
kilaunya...
Untuk
baret yg lumayan dalam/blm sampai ke cat dasar bisa menggunakan Meguiars 105
Compund dibantu pad MF sebagai aplikator dgn cara sama seperti saat menggunakan
SPC, setelah itu dilanjut polish menggunakan Crystal Shield Polish untuk
mengembalikan kilau yg sedikit hilang saat kita compund body/cat,setelah itu
bisa di lanjut proses wax untuk melindungi cat.
Untuk
merk atau jenis produk bisa menggunakan sesuai selera, saya pernah baca di
forum detailing juga blm tentu merk mahal lebih baik dari yg tidak mahal, semua
tergantung kita bagaimana mengaplikasikannya, bagaimana hasil yg ingin kita
dapat, jika menggunakan salah 1 produk temukan feelnya yg menurut sedulur
baik,baik disini belum tentu baik di kita, jelek di kita pun malah kadang
hasilnya baik di sedulur,,,pokok e ngono lah :D
Untuk
foto diatas kenapa banyak yg nyeleneh tempatnya itu saya beli secara
ecer/repcking biar lebih irit juga :D
Contoh
dari kendaraan yg saya pakai...
Contoh
saat terkena air,,efek water beadingnya :D
Jangan lupa untuk mencuci kain microfiber menggunakan sabun cair non pelembut/sabun cuci botol bayi supaya kain tetap bersih dan tidak merusak kelembutannya.
untuk aplikator pad foam bisa dicuci menggunakan sabun cuci piring
Itu
tadi beberapa tahapan merawat kendaraan versi saya sendiri dgn di bantu membaca
beberapa sumber yg sudah saya cantumkan, semoga bermanfaat buat sedulur semua
dan apabila ada salah kata mohon maaf, monggo yg mau share saran dan kritiknya
kita sama2 belajar.
Sekali
lagi ini murni yg saya pakai setiap hari/berdasarkan pengalaman pribadi saya
sendiri tanpa bermaksud promosi barang/menjelekkan produk lain.
Sekian
Wassalamu’alaikum
Wr Wb....
Comments
Post a Comment